Artikel

Writer by: dhana

Pandemi Covid 19 yang berkelanjutan membuat hampir seluruh sektor terdampak, tak hanya kesehatan. Sektor ekonomi juga mengalami dampak serius akibat pandemi Covid 19.

Bertahan dalam bisnis merupakan salah satu strategi yang paling tepat saat ini, disaat kondisi yang tidak menentu. Usaha UKM menjadi penopang perekonomian di sebagian besar wilayah indonesia. Tetapi semenjak pandemi covid 19 melanda, banyak bisnis UKM bahkan perusahaan yang mengalami penurunan omzet bahkan mengalami gulung tikar.

Inilah yang menjadi tantangan dalam bisnis agar bisa tetap bertahan dalam berbagai kondisi apapun. Banyak para pelaku bisnis memutar otak mereka lebih keras dan membuat strategi baru agar bisnis tetap bisa survive pada masa pandemi covid 19 sekarang ini.

Bagi kalian para pelaku usaha ukm ini nih ada 5 tips untuk bertahan di masa pandemi.

  1.  Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dalam operasional bisnis menjadi first key  agar bisnis bisa tetap survive sampai masa pandemi Covid 19 ini berakhir. Anda mungkin sudah memiliki catatan dan pengelolaan keuangan yang baik dalam bisnis yang anda jalankan, tetapi dalam hal cash manajemen yang tidak tepat akan menimbulkan permasalahan.Pastikan cash flow aman tidak sampai mengganggu operasional perusahaan.     

  1. Bentuk dan Manajemen Tim Work

Second key adalah dengan membentuk tim work khusus yang bertujuan mengambil keputusan disaat kondisi yang sulit. Tim ini dibentuk dengan mengambil perwakilan dari tiap-tiap divisi untuk membahas dan menentukan prioritas masalah yang sedang dihadapi kedepannya.

  1. Manfaatkan peluang

Jangan lihat pandemi COVID 19 saat ini dari kacamata musibah saja, melainkan Anda harus jeli melihat peluang yang tercipta dari wabah ini. Jika bisnis Anda ikut terdampak dalam penerapan PSBB, maka Anda harus memutar strategi bagaimana bisa tetap berjalan

  1. Berikan Harga Spesial (promo dan diskon)

Cara ini dilakukan agar para konsumen tertarik dengan produk-produk yang Anda jual. Namun anda harus bisa memastikan bahwa progam promo dan diskon yang anda buat tidak memberikan kerugian pada bisnis yang sedang dijalankan

  1. Buat Strategi Layanan Online

Anda harus mulai memanfaatkan media online sebagai salah satu strategi pemasaran. Untuk mempermudah layanan online, Anda bisa bergabung dengan mitra ojek online, mendaftar marketplace atau membuat website sendiri. Dengan begitu konsumen dapat berbelanja dari rumah untuk membeli semua kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment