Artikel

Handwriter: dhanav

Pandemi Covid-19 membuat beragam usaha tergerus bisnisnya. Untuk tetap bertahan berbagai strategi pun dilakukan para pelaku usaha. Pemerintah saat ini terus mendorong untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab, sektor ini terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi, terutama saat pandemi.

Hingga semester kedua tahun 2020, pandemi Covid-19 masih terjadi dan melanda dunia, termasuk di Indonesia. Semua sisi kehidupan mau tak mau menyesuaikan diri demi bisa bertahan. Tidak hanya masyarakat secara umum, bidang bisnis pun perlu menyesuaikan diri agar tidak tergilas arus melemahnya ekonomi dan perdagangan.

Berbicara soal bisnis digital, tentu strategi digital marketing menjadi salah satu yang paling diandalkan dan menjadi ujung tombak dalam menarik konsumen di masa pandemi covid-19. Bisnis mau tak mau dijalankan secara online demi memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Agar bisa mendapatkan pasar sesuai target, Anda perlu membuat strategi digital yang baru agar bisnis yang anda jalankan bisa tetap bertahan dan bersaing dipasaran. Dalam hal ini Anda bisa membuat konten marketing yang sesuai dengan tren di masa kini.

Bagi kalian para pengusaha umkm, Ini nih beberapa tren content marketing yang bisa dibilang ngehits di tahun 2021, yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan promosi brand Anda.

  1. Ciptakan Ruang Promosi Konten di Media Sosial

Efek PPKM yang berkepanjangan membuat banyak orang gabut dan membuat banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu mereka di media sosial. Mereka berselancar di internet maupun di media sosial untuk banyak hal, mulai hanya sekadar mencari hiburan, mencari pengetahuan dan bacaan, bahkan berbelanja. Bagi anda yang sedang membuka usaha kecil-kecilan/berbisnis online mungkin ini peluang yang tepat untuk mengembangkan produk/jasa kalian dengan membangun ruang promosi yang lebih luas tentu menjadi investasi yang sangat berharga. Membagikan konten menarik, baik berupa teks, foto, image, video, apa pun bentuknya yang berkaitan dengan bisnis anda, akan sangat membantu dalam membangun hubungan dengan followers.

  1. Bikin Room Podcast yang Menarik

Podcast telah menjadi salah satu platform media sosial yang popular dan paling efektif terutama di masa pandemi covid-19 seperti ini. Room podcast mempunya daya tarik tersendiri ketika media ini ditujukan atau difungsikan sebagai sarana promosi sebuah brand. Dalam room podcast anda bisa membahas topik-topik menarik yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dengan strategi marketing yang bagus room podcast akan memberikan impact yang sangat luar biasa dari segi penjualan.

  1. Membuat Komunitas Room Writer

Komunitas Room writer online merupakan media yang bagus untuk saling berdiskusi untuk meningkatkan skill content writing dan copywriting Room Writer seperti ini juga dapat menarik perhatian orang untuk berinteraksi. Untuk melakukannya, mulailah dengan memperbaharui format konten yang disajikan. Misalnya, dengan memberi gambar yang eye-catching untuk dilihat mata, menambahkan judul atau tag line pada postingan, dan bisa pula membuat listicle untuk memudahkan proses penyampaian informasi secara lebih lengkap. Room writer memiliki nilai presentasi yang cukup bagus sebagai media untuk menjaring konsumen. Karena room ini orang-orang lebih banyak bisa melakukan percakapan atau pembahasan yang lebih detail tentang topik atau produk tertentu.

  1. Buat Konsep Live Streaming yang Unik

Konsep video yang lagi ngehits sekarang adalah jenis penyajian video secara Live streaming. Konsep Live streaming  menjadi sangat popular dan paling direkomendasikan saat ini dalam pebuatan konten video dan merupakan salah satu tren teknik pemasaran konten yang baik yang bisa anda pilih di masa pandemi Covid-19, yang mana banyak orang masih membatasi aktivitas di luar rumah. Konsep konten seperti ini dianggap menarik karena dalam prosesnya dapat menimbulkan interaksi antara streamer dan penonton secara langsung. Tentu saja kalau dimanfaatkan dengan konsep yang sistematis dan terstruktur, bisa membantu Anda meningkatkan promosi dan transaksi. Question and Answer (Q&A) sering pula diselenggarakan dalam live stream yang berlangsung, di mana audiens dapat mengajukan pertanyaan dan Anda bisa langsung merespons atau sebaliknya.

  1. Konten Images Carousel di Instagram

Konsep postingan dengan model carousel di media sosial Instagram disebut sebagai jenis konten pendatang baru yang langsung popular/ngehits karena dianggap lebih unik. Interaksi yang dihasilkan dengan konten tersebut juga terbilang tinggi. Konten jenis ini, memungkinkan Anda membuat slideshow berisi lebih banyak images yang disusun sedemikian rupa disertai desain yang membuat orang ingin scroll, melihat dan terus membaca. Bagi anda yang suka mempromosikan produk brand melalui sosial media Instagram, anda harus mencoba Teknik carousel ini. Anda bisa membuat microblog dengan carousel di Instagram. Memadukan desain dengan mini tag line yang berguna bagi audiens menjadi daya tarik tersendiri sehingga audiens akan terus berkunjung ke platform bisnis Anda. (dnav_pilardigitalindo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment