Artikel

Written by dhanavia

Pemasaran di dunia digital kini sudah tidak asing lagi di kalayak umum. Kini segala bentuk promosi jenis produk dan jasa sudah merambah luas di market digital. Hampir semua pelaku bisnis melakukan promosi untuk brand yang dimilikinya di platform digital, terutama di platform social media. Namun Setiap social media marketing membutuhkan pendekatan, strategi, dan cara penggunaan yang berbeda-beda. Agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Nah buat kalian yang sering melakukan promosi di platform digital terutama social media, hindari 4 hal berikut ini.

1   Tidak memiliki strategi pemasaran digital

Marketing membutuhkan konsep atau teknik yang terstruktur dan sistematis serta harus membuat goal dari promosi yang sudah kalian buat. Kalian perlu mempertimbangkan tujuan, anggaran, kebutuhan sumber daya dan action yang akan diambil ketika promosi sudah berjalan.Strategi pemasaran melalui social media tanpa konsep yang matang hanya akan membuang waktu, tenaga, dan uang. Meskipun sudah menggunakan social media, kalian tetap harus memperhatikan konsep marketing lainnya, seperti event/momen.

2   Tidak memiliki kodimen konten yang menarik untuk disajikan

SEO yang bagus tidak akan memberikan impact yang besar kalau tidak disertai dengan konten yang berkualitas. Banyak hal yang harus kalian pertimbangkan ketika akan melakukan promosi di platform digital. Tidak hanya kuantitas, melainkan juga harus memperhatikan kualitas konten untuk social media yang kalian sajikan. Lakukan riset tentang topik atau tema yang ingin kalian angkat dalam promosi. Cari topik yang viral dan jadi perbincangan publik, untuk menarik audience untuk bergabung.Dengan kualitas konten yang baik, kalian akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan audience dan kalian akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak followers. Sebuah trik promosi yang bagus bukan?

3   Salah menentukan target utama pemasaran

Apa yang kalian jadikan patokan keberhasilan promosi yang sudah kalian buat di social media marketing?Titik terpenting dalam sebuah pemasaran adalah target promosi. Tentukan target utama yang menjadi sasaran iklan promosi kalian. Buat tema konten sesuai dengan target pasar yang sudah kalian pilih.Kalian bisa melihat keberhasilan iklan promosi di indikator berapa jumlah view dan jumlah followers setelah promosi yang kalian jalankan berakhir. Lakukan Analisa dari 2 faktor indicator tersebut dan tarik sebuah kesimpulan. Dari data simpulan tersebut bisa menjadi evaluasi untuk iklan selanjutnya.

4  Tidak membangun jaringan komunikasi yang baik

Platform social media adalah jaringan digital yang digunakan untuk saling interaksi dan komunikasi. Ketika kalian membuat promosi digital, jangan melupakan konsep komunikasi yang memungkinkan dimana kalian bisa membentuk jaringan komunikasi dengan banyak orang.Setiap promosi yang kalian lakukan usahakan terciptanya interaksi dengan followers atau audience. Semakin kalian mampu berkomunikasi dengan baik, maka mereka akan semakin percaya dan mudah melakukan transaksi. Karena pada dasarnya social media satu arah dan tidak menimbulkan komunikasi, hanya akan membuat followers atau audience ragu terhadap kesungguhan bisnis yang kalian jalani dan sulit untuk close order atau melakukan transaksi. (dnav_pilardigitalindo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment